My FeedDiscussionsHeadless CMS
New
Sign in
Log inSign up
Learn more about Hashnode Headless CMSHashnode Headless CMS
Collaborate seamlessly with Hashnode Headless CMS for Enterprise.
Upgrade ✨Learn more

4 Manfaat Backlink Pada Website yang Perlu Anda Pahami

The Round's photo
The Round
·Dec 11, 2021·

3 min read

Yang harus Anda ketahui tentang belajar lokal SEO tentunya perbincangan tentang sebuah website atau blog tidak lepas dari backlink. Dalam beberapa kasus, backlink sangat penting untuk pengembangan situs web. Anda yang sudah lama online pasti tahu ini. Namun, sebagai pemula, saya tidak begitu yakin apa itu backlink atau apa manfaat penting dari backlink.

Pengertian backlink secara sederhana bisa diartikan sebagai link ke situs lain. Dengan kata lain, jika Anda menulis satu kata atau kalimat yang spesifik untuk konten Anda, yaitu ke situs tertentu, inilah yang dimaksud dengan backlink. Kebalikannya juga berlaku jika Anda memiliki situs web yang salah satu teksnya merujuk ke situs web yang Anda operasikan.

Cara belajar SEO dengan penerapan backlink sangat penting dari sudut pandang pengoptimalan mesin pencari (SEO) untuk situs Anda di mesin pencari. Semakin banyak backlink yang Anda miliki, semakin baik situs Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa backlink yang dimaksud harus tetap relevan dengan topik situs web.

Backlink terkait bisa disebut backlink berkualitas. Berikut beberapa keuntungan bisa mendapatkan backlink tersebut!

1. Membangun Hak Website

Jika tujuan utama Anda adalah membuat website untuk tujuan bisnis, hal pertama yang akan Anda dapatkan adalah izin dari website lain, inilah yang dijelaskan dalam sebuah situs panduan SEO Hymotion , dimana SEO akan berdampak pada ranking google nantinya. Bayangkan jika sebuah situs populer merekomendasikan situs Anda, Anda juga meningkatkan kemungkinan banyak pengunjung akan mengetahui situs Anda. Mesin pencari juga menganggap situs Anda layak dimasukkan dalam daftar halaman pertama mereka. Dengan cara ini Anda lebih cenderung menarik banyak pengunjung secara alami.

2. Dapatkan Brand Recognition

Keuntungan kedua adalah jika website Anda laku, Anda bisa mendapatkan brand awareness. Kalaupun tidak digunakan untuk dijual, setidaknya kualitas website Anda bisa diapresiasi. Oleh karena itu, yang terbaik adalah selalu mempublikasikan artikel atau posting yang bermanfaat bagi pengunjung Anda. Jangan biarkan situs Anda menjadi terkenal karena konten yang kurang menarik!

3. Traffic Referral

Bagaimana cara mendapatkan banyak pengunjung tanpa melalui search engine? Anda mungkin pernah melihat tautan di Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya. Mengklik tautan akan mengarahkan Anda ke blog atau situs web lain. Ini lebih tepatnya disebut sebagai lalu lintas rujukan dari jejaring sosial.

Sekarang Anda juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung berkat backlink dari situs populer atau jejaring sosial. Semakin banyak pengunjung situs referral Anda, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung.

4. Tautan Direktori

Tautan direktori adalah kumpulan tautan berdasarkan kategori tertentu yang mengarah ke tautan atau backlink tersebut. Jadi manfaat terakhir dari backlink adalah mereka menyediakan tautan jangka panjang ke direktori saat backlink masih ada.

Ini pada akhirnya berarti Anda bisa mendapatkan otoritas, merek, dan banyak pengunjung situs web Anda. Bisa mendapatkan backlink dari situs yang bereputasi dan berkualitas tinggi secara otomatis akan meningkatkan lalu lintas internet Anda berdasarkan perkembangan dan tema yang dihasilkan. Ini adalah kekuatan dan pentingnya backlink ke situs web.

Anda dapat menemukan tautan balik di situs web pemerintah, blog pendidikan, dan situs berita nasional utama. Namun pada kenyataannya, mendapatkan backlink dari situs populer berkualitas tinggi tidaklah mudah. Jika Anda tidak ingin mencari sendiri, ada banyak layanan backlink untuk semua situs yang disebutkan di atas. Harganya juga tergantung paket yang ditawarkan. Anda juga harus memperhatikan dan memastikan kualitas backlink yang dijanjikan benar-benar bagus!