Start a personal dev blog on your domain for free with Hashnode and grow your readership.
Get Started

Apa itu Brand Ambassador? Mengenal Peran Brand Ambassador Untuk Sebuah Brand

... apa sebenarnya brand ambassador ini dan juga manfaatnya terhadap kegiatan digital marketing suatu perusahaan atau brand?

Sebagian besar dari kamu pastinya pernah mendengar istilah brand ambassador. Istilah ini dapat dikatakan sebagai salah satu istilah yang sangat berhubungan dengan kegiatan digital marketing.

Dalam dunia bisnis saat ini sendiri, Brand ambassador adalah seseorang yang memiliki peranan sangat penting dalam kegiatan promosi dan pemasaran produk suatu brand atau perusahaan.

Namun apa sebenarnya brand ambassador ini dan juga manfaatnya terhadap kegiatan digital marketing suatu perusahaan atau brand?

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pada artikel kali ini, kami akan mencoba mengulas mengenai apa itu brand ambassador dan perannya dalam kegiatan digital marketing. Penasaran? Langsung saja, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Brand Ambassador Adalah …?

Pada era marketing di masa lalu, teknik marketing bernama “word of mouth” menjadi salah satu teknik marketing yang sangat mendukung kegiatan pemasaran suatu brand/perusahaan.

Namun saat ini, teknik marketing word of mouth ini telah dimodifikasi seiring dengan kemajuan teknologi sehingga menjadi teknik marketing memanfaatkan brand ambassador.

Melansir informasi dari blog digital marketing Ayiko , brand ambassador adalah istilah yang ditunjukkan pada seseorang yang mempromosikan suatu brand dan produk melalui jaringan yang mereka miliki dengan tujuan meningkatkan brand awareness serta angka penjualan dari brand tersebut.

Definisi lain juga datang dari halaman Referral rock, halaman ini menjelaskan bahwa brand ambassador adalah orang yang menyukai suatu produk atau brand dan ingin brand tersebut menjadi sukses. Mereka juga menggunakan produk dari brand yang mereka sukai tersebut.

Meskipun memiliki definisi berbeda. Namun kedua definisi brand ambassador di atas memiliki kesamaan, yakni mereka harus setuju dan menggunakan brand mu, baik secara offline dan juga online.

Sehingga ketika para brand ambassador ini muncul di media sosial, acara atau suatu pertunjukan, mereka memiliki kewajiban untuk memilih atau menggunakan produk dari brand yang bekerja dengannya.

Biasanya, brand ambassador ini sendiri adalah seseorang yang memiliki massive followers di media sosial misalnya aktris, aktor, musisi dan juga public figure.

Namun untuk menjadi brand ambassador, terkenal saja tidaklah cukup. Seorang brand ambassador akan menjadi wajah atau visual sebuah brand/perusahaan.

Oleh karena, seorang brand ambassador wajib memahami dan menyampaikan berbagai penjelasan mengenai produk dari brand yang bekerja sama dengannya.

Tanggung Jawab Seorang Brand Ambassador

Dalam dunia digital marketing, brand ambassador dapat dikatakan memiliki cukup banyak tanggung jawab untuk dilakukan. Melansir dari halaman Replsy, berikut adalah beberapa tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang brand ambassador:

  1. Memahami visi dan misi dari perusahaan/brand yang bekerjasama dengannya. Merepresentasikan brand secara positif dalam berbagai bentuk.
  2. Membantu dalam hal pembuatan konten campaign, seperti menulis artikel, review dan caption mengenai produk dari brand yang bekerja sama dengannya. Turut berpartisipasi dalam event marketing.
  3. Bekerja sama dengan tim marketing untuk membuat strategi campaign.
  4. Membangun brand awareness produk melalui teknik word of mouth marketing.
  5. Membangun opini positif mengenai produk dan brand yang bekerja sama dengan nya.
  6. Memberikan insight serta saran tentang produk atau jasa baru yang dikeluarkan oleh brand yang bekerja sama dengannya.
  7. Melakukan promosi brand dan produknya melalui akun media sosial milik brand ambassador.

Manfaat Menggunakan Jasa Brand Ambassador

Menggunakan jasa brand ambassador hingga hari ini telah banyak terbukti memberikan banyak manfaat pada perkembangan suatu brand atau bisnis. Adapun beberapa manfaat yang didapatkan dari menggunakan jasa brand ambassador adalah sebagai berikut:

Menjaga Reputasi Brand

Reputasi suatu brand atau bisnis dapat saja naik atau turun. Kehadiran brand ambassador di sini memiliki peran untuk menjaga reputasi suatu brand tetap stabil atau bahkan naik.

Misalnya, jika terdapat media yang memberitakan sesuatu yang buruk mengenai suatu brand atau produk. Reputasi brand tersebut tentunya dapat saja mengalami penurunan atau bahkan jatuh.

Namun dengan brand ambassador yang memberitakan hal positif mengenai brand yang bekerja sama dengan mereka, maka reputasi brand tersebut dapat terselamatkan.

Hal tersebut sangat mungkin terjadi, apalagi jika brand ambassador tersebut memiliki massive followers di media sosial mereka.

Mendekatkan Brand Dengan Customernya

Brand ambassador adalah salah satu media terbaik untuk membangun kedekatan antara brand dan customernya. Melansir informasi dari halaman Keyhole, disebutkan bahwa, 63% lebih percaya dengan apa yang disampaikan oleh brand ambassador atau influencer dibandingkan dengan brand itu sendiri.

Inilah yang membuat brand ambassador dapat menjadi jembatan yang menghubungkan antara produk atau brand dengan calon customer nya.

Memberikan Review Baik Tentang Brand

Setiap brand atau produk tentunya membutuhkan review yang baik untuk mendapatkan kepercayaan dari calon customernya. Brand ambassador memiliki tugas untuk melakukan hal tersebut.

Selama bekerja sama dengan brand atau perusahaan, seorang brand ambassador harus memberikan review yang baik dan jujur tentang produk kepada pengikutnya.

Hal tersebut sendiri merupakan hal yang biasanya telah menjadi bagian dari kontrak antara brand ambassador dengan brand yang mengajaknya bekerja sama.

Meningkatkan Citra Dari Brand Atau Produk

Manfaat terakhir dari menggunakan jasa brand ambassador adalah dapat meningkatkan citra brand di mata customer dan calon customer. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya brand ambassador adalah wajah dan visual dari sebuah brand. Seorang brand ambassador harus dapat membangun citra yang baik terkait dengan brand yang bekerja sama dengannya.

Berapa Gaji Brand Ambassador?

Beberapa dari kamu mungkin penasaran dengan rata-rata penghasilan dari seorang brand ambassador. Seperti yang kamu duga bahwa gaji brand ambassador terbilang sangat tinggi, kami sendiri tidak dapat memberikan angka pasti mengenai range gaji brand ambassador ini.

Namun kepopuleran brand ambassador dan juga brand apa yang bekerja sama dengan mereka biasanya mempengaruhi jumlah penawaran gaji.

Contohnya dapat dilihat pada brand ternama “Chanel”. Chanel menghabiskan uang sekitar kurang lebih 850 juta setiap tahunnya untuk membayar gaji para brand ambassadornya.

Begitu juga dengan Tokopedia, marketplace yang identik dengan warna hijau ini harus merogoh kocek hingga 50 miliar untuk menjadikan boy group BTS sebagai brand ambassador nya.

Brand Ambassador Vs Influencer, Apa Bedanya?

Brand Ambassador dan influencer adalah dua profesi yang terkadang dianggap sama oleh banyak orang. Meskipun keduanya merupakan bagian dari strategi digital marketing, tepatnya influencer marketing, namun sebenarnya terdapat beberapa hal yang membedakan keduanya.

Melansir informasi dari halaman Keyhole, disebutkan bahwa influencer biasanya hanya bertanggung jawab atas satu campaign (konten iklan) saja. Setelahnya, maka kerjasama antara brand dan juga influencer pun akan selesai.

Misalnya, jika sebuah brand jasa content placement merekrut seorang influencer dari kalangan blogger untuk mempromosikan layanan content placement di medianya.

Maka influencer tersebut hanya bertanggung jawab melakukan campaign di media milik mereka sebanyak yang disetujui oleh kedua belah pihak.

Setelahnya, kerja sama diantara keduanya akan selesai.

FYI, jasa content placement adalah layanan kerja sama publikasi content di media website. Baik dalam berbentuk artikel, video, infografis dan lainnya.

Layanan ini bermanfaat untuk content marketing dan strategi link building untuk SEO.

Berbeda dengan influence, seorang ambassador tidak hanya bertugas mempromosikan produk dari brand yang bekerja sama dengan nya. Namun juga menjadi visual dan icon dari brand tersebut.

Demikian sedikit ulasan mengenai apa itu brand ambassador yang telah kami rangkum untuk kamu.

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa brand ambassador adalah salah satu bagian perangkat digital marketing yang sangat dibutuhkan untuk mempromosikan sebuah produk dan jasa.

Kesimpulan

Kesimpulan, seorang brand ambassador adalah juga seorang influencer dari suatu brand atau produk. Namun seorang influencer tidak selalu menjadi brand ambassador.

Jika kamu memiliki bisnis dengan target konsumen yang luas, menggunakan jasa brand ambassador adalah salah satu langkah marketing yang dapat kamu pertimbangkan untuk lakukan.

Semoga ulasan yang kami rangkum ini bermanfaat. Jangan lupa juga untuk mengikuti artikel menarik lainnya dari kami mengenai digital marketing dan juga blogging ya. Terima kasih.

Start a personal dev blog on your domain for free and grow your readership.

3.4K+ developers have started their personal blogs on Hashnode in the last one month.

Write in Markdown · Publish articles on custom domain · Gain readership on day zero · Automatic GitHub backup and more

No Comments Yet